Pilkada Tapanuli Utara Ditetapkan 10 Oktober 2013.

Share on:   Google Plus

.

TARUTUNG – Setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Utara (Taput) menetapkan hari pemungutan suara Pilkada Taput pada 10 Oktober 2013. 

Penetapan tersebut mengacu pada UU Pilkada dan peraturan KPU. Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu mengatakan, terhitung 27 Maret 2013 KPU Taput telah menetapkan proses pelaksanaan pilkada. Secara otomatis penetapan tanggal tersebut juga menjadi tolak ukur melaksanakan tahapan demi tahapan pilkada. Lamtagon mengatakan, selama ini KPU Taput menunggu dasar hukum pendukung untuk pelaksanaan pilkada yang dipercepat tersebut. 

Jika ingin berpatokan pada aturan, seharusnya pilkada baru digelar pada 2014. Tetapi Kementerian Dalam Negeri melarang pilkada pada tahun itu karena bertepatan juga dengan Pemilu 2014 dan Pemilihan Presiden (Pilpres). ”Jika melihat dari periode, pilkada dilakukan pada 2008 dan harus dilakukan lagi lima tahun sesudahnya yakni 2014. Tetapi saat itu juga ada Pemilu dan Pilpres, sehingga Menteri Dalam Negeri melarang dilakukan pilkada ,” ujarnya kepada KORAN SINDO MEDAN, kemarin (28/3). 

Lamtagon mengatakan, tahapan pilkada sudah dimulai sejak penetapan pleno oleh KPU Taput. Jadi, pemungutan suara untuk Pilkada Taput dapat dilakukan pada 10 September. ”Kalau dari KPU Taput sudah final dan tidak akan berubah lagi jadwal tahapan hingga pemungutan suara 10 Oktober . Namun, jika ada dinamika lain nantinya, tahapan akan disesuaikan kembali,” tegasnya. 

Sementara itu Ketua Komisi A DPRD Taput Jasa Sitompul menilai penetapan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang. Pihak KPU tidak perlu memiliki rasa takut yang berlebihan. KPU memiliki sejumlah dasar hukum untuk melakukan pilkada. 

Sebab, pelaksanaan pilkada di tahun 2013 bukanlah percepatan tetapi juga berdasarkan undangundang. “2014 tidak ada pilkada karena Pemilu. Jadi dasar KPU sudah kuat,” katanya.

Baca juga :

About these ads

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s