Terkait Kasus Pembunuhan Antoni Butarbutar : DPP Partobuna Surati Kapoldasu

.

Medan-andalas, Pengurus dan anggota Parsadaan Raja Toga Butarbutar Dohot Boruna se Indonesia (Partobuna), meminta Kapoldasu, Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro untuk memerintahkan anggotanya mengusut tuntas kasus pembunuhan terhadap Antoni Butarbutar (52) warga Jalan Selamat Kataren, Kecamatan Percut Seituan, Deli Serdang.

Sebab, pertistiwa pembunuhan sadis yang dialami korban Antoni Butarbutar berprofesi sopir angkutan kota (angkot) Rahayu Trayek 103 itu, sudah hampir sebulan berlalu, namun belum seorang pun yang ditangkap dan ditetapkan jadi tersangka oleh pihak kepolisian.

Korban diketahui tewas terbunuh pada 27 Januari 2012 sekira pukul 01.30 Wib, di lapo (kedai) tuak Marga Hutabarat Simpang Jalan Unimed Medan, diduga kuat dilakukan oleh rekan korban sesama sopir angkot, berinisial JS cs dengan mengeroyok korban secara membabibuta dengan menggunakan benda keras /kayu balok hingga kepala dan kening korban  pecah hingga mengeluarkan darah dan tewas mengenaskan di tempat.

“Kami sangat prihatin setelah mendengar keadaan atas  peristiwa pembunuhan sadis yang dialami oleh saudara kami alamarhum Antoni Butarbutar, terutama keluarga yang ditinggal karena masih mengalami trauma yang mendalam.

Kami atas nama seluruh keluarga besar perkumpulan Butarbutar dohot Boruna se-Indonesia merasa kecewa melihat kinerja pihak aparat kepolisian yang hingga kini belum memburu dan menangkap para pelakunya.

Untuk itu, kami meminta dan mendesak kepada bapak Kapoldasu Irjen (Pol) Wisjnu A Sastro dan bapak Kapolresta Medan AKBP Monang Situmorang, SH Msi untuk segera melakukan pengusutan dan memerintahkan personilnya memburu dan menangkap para pelakunya,” tegas Ketua Umum Partobuna se-Indonesia Christofel Bujtarbutar SH MH di Medan, Kamis (1/3).

Lebih lanjut Christofel mengatakan, dalam menyikapi lambannya aparat hukum untuk mengungkap kasus pembunuhan salah satu anggota perkumpulan yang dipimpinnya itu, Ia mengaku telah melayangkan surat yang ditujukan langsung kepada Kapoldasu, Kapolresta Medan dan Kapolsek Percut Seituan selaku penyidik di wilayah hukum tempat kejadian perkara, dan tembusan disampaikan kepada Kapolri, Irwasum dan Kabareskrim Polri di Jakarta tertanggal 22 Februari 2012.

Christofel Butarbutar dalam suratnya mememohon kepada Kapoldasu, Kapolresta Medan dan Kapolsekta Percut Sei Tuan supaya berkenan melakukan penyelidikan dan penyidikan kasus pembunuhan tersebut.

Selanjutnya meminta memeriksa saksi-saksi dan melakukan penahanan terhadap para tersangka sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku sehingga keadilan dapat ditegakkkan di Negara Republik Indonesia ini.

“Secara khusus saya datang ke Medan ini untuk bertemu dengan keluarga Almarhum dan para pengurus Partobuna se-Kota Medan. Dengan ini kami menyampaikan sikap, supaya aparat kepolisian dapat serius dan jeli dalam mengusut peristiwa pembunuhan saudara kami almarhum Antoni Butarbutar.

Dengan demikian keadilan hukum dapat ditegakkan tanpa memandang perbedaan suku, agama dan ras di NKRI ini,” tandas pengacara kondang yang berdomisili di ibu kota Jakarta ini.

Hal senada juga dikemukakan Ketua Partobuna se-Kota Medan Drs DJ. Butarbutar, dan Dewan Penasehat Partobuna  AKBP (Purn) Manat Butarbutar agar jajaran pihak kepolisian Polda Sumatera Utara dapat memberikan respon dan tanggap atas keluhan seluruh masyarakat.

“Kita berharap agar pihak kepolisian segera mengungkap tuntas kasus pembunuhan terhadap Antoni Butarbutar. Jangan seakan ada kesan bahwa setiap warga tidak diperlakukan sama dihadapan hukum. Kami telah mendengar secara langsung informasi yang disampaikan keluarga almarhum bahwa, peyidik polsek Percut Seituan baru kemarin melakukan pemeriksaan terhadap keluarga korban sebagai saksi.

Menurut pandangan kami bahwa dalam hal ini polisi kurang tanggap,” ujar Manat Butarbutar seraya berharap bahwa kinerja aparat kepolisian bisa lebih profesional lagi kedepan dalam menuntaskan berbagai kasus-kasus tindak pidana kejahatan di daerah Sumut.

Sumber : Harian Andalas || 5 Maret 2012

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s