“TOBA GO GREEN” Upaya Untuk Pulihkan Ekosistem DANAU TOBA.

November 28, 2011 by 

Pelaksanaan Hari Menanam Pohon Indonesia tingkat Sumatera Utara dilaksanakan secara terintegrasi dengan Program “Toba Go Green” yang menitikberatkan sebagai upaya untuk memulihkan ekosistem Danau Toba resmi diluncurkan pada hari Senin (28/11) dan dipusatkan di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir. Secara serentak, program yang juga mengusung konsep pemberdayaan masyarakat ini berlangsung di Kabupaten/ Kota yang berada di Kawasan Danau Toba, seperti Kabupaten Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo  dan Dairi.

Pencanangan program “Toba Go Green” sebagai rangkaian dari peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang ditetapkan setiap 28 Nopember sebagaimana amanat Kepres Nomor 24 tahun 2008, mengangkat thema “Peduli dan Lestarikan Kawasan Danau Toba” sebagai program berkelanjutan yang dijadwalkan berlangsung selama + 7 tahuh kedepan menargetkan akan menanam pohon sebanyak 40 juta pohon. Jenis pohon yang ditanam merupakan jenis tanaman keras dan endemic yakni jenis pohon yang sesuai dengan kondisi alam lokasi tanam seperti kemiri, kemenyan, mangga, durian, pinus, suren, kayu afrika, sengon, jati putih, jabon, mahoni, johar, mika damar dan lainnya.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak pada peluncuran “Toba Go Green” yang dihadiri ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat dan dunia usaha di Toba Samosir dan Sumatera Utara ini, menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya atas terpilihnya Desa Lintong Nihuta sebagai pusat peluncuran “Toba Go Green” dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat khususnya jajaran Kodam I/BB hingga program ini dapat terselenggara. Bupati juga mengajak seluruh komponen masyarakat Toba Samosir untuk mendukung suksesnya program ini dan berperan aktif dalam upaya pelestariannya. “Mari kita rawat dan jaga tanaman ini, maka kelestarian alam di kawasan Danau Toba akan terjaga”, ujar Bupati. Lebih lanjut Bupati juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir mendukung sepenuhnya program ini, karena disatu sisi juga telah membantu dalam mempercepat laju pembangunan di Toba Samosir.

Panglima Kodam I/ Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus dalam sambutannya, mengatakan Kawasan Danau Toba telah mengalami degradasi fungsi akibat kerusakan yang terjadi sebagai akibat dari ulah manusia maupun akibat perubahan alam, karena itu menurutnya, perlu diberikan perhatian dan langkah konkret guna memulihkan kawasan Danau Toba sebagai konservasi alam dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan dunia usaha. Pangdam I/BB berharap, momentum “Toba Go Green” yang berbasis pemberdayaan masyarakat dan ramah lingkungan, dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk memulihkan ekosistem Danau Toba. Konsep pemberdayaan masyarakat berupa penyerahan bibit untuk ditanam dan dikelola masyarakat juga diyakini akan mampu mendorong peningkatan taraf ekonomi masyarakat, khususnya di pedesaan.

Pada kesempatan lain, Plt. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho, meminta komitmen seluruh kepala daerah di Kawasan Danau Toba untuk merespon upaya penyelamatan kawasan Danau Toba melalui Hari Menanam Pohon Indonesia, mengingat kawasan Danau Toba telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional. “Kegiatan yang diintegrasikan dengan Toba Go Green ini, kita jadikan sebagai momentum untuk bangkit bersama melestarikan dan menata Kawasan Danau Toba”, ujar Gatot.

Sebelum pelaksanaan penanaman pohon, juga dilakukan video conference dengan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Pangdam I/ Bukit Barisan bersama Plt. Gubernur Sumatera Utara melakukan dialog dengan Presiden seputar penyelenggaraan Hari Menanam Pohon Indonesia yang terintegrasi dalam Program Toba Go Green. Pada pelaksanaan kegiatan ini, juga terlihat hadir dan melakukan penanaman pohon Panglima Kostrad TNI AD Letjen TNI AY. Nasution, Walikota Medan Rahudman Harahap, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, para Bupati di Kawasan Danau Toba, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama serta undangan lainnya.

Sumber:

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s