Legislator Pertanyakan Laporan Keuangan PT. Inalum

.
JEB  ||  Rabu, 20 Feb 2013 23:17 WIB
MedanBisnis  – Jakarta. Anggota Komisi VI DPR Ida Ria Simamora mempertanyakan laporan keuangan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan meminta direksi PT Inalum agar tidak bersikap eksklusif terhadap masyarakat di Sumatera Utara, tempat perusahaan ini beroperasi.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR dan direksi PT Inalum di Jakarta, Rabu, Ida membongkar bahwa  selama ini PT Inalum belum pernah melaporkan audit keuangannya, terutama menyangkut keuntungan yang diraih selama perusahaan ini beroperasi. Yang justru didapat adalah PT Inalum mengalami kerugian.

“Saya minta penjelasan yang komprehensif dari direksi PT Inalum,” kata anggota Komisi VI DPR itu.

Tidak hanya laporan keuangan, Ida Ria juga menyoroti sikap PT Inalum yang eksklusif terhadap masyarakat di Sumatera Utara. Tidak ada keterbukaan dan sosialisasi dengan komunitas masyarakat setempat. Bahkan, kehadiran perusahaan yang memproduksi aluminium ini, terasa tak berdampak apa pun bagi kehidupan masyarakat.

Seperti diketahui kepemilikan saham PT Inalum dimiliki Jepang dan Indonesia. Dan, rencananya diambil alih oleh Otorita Asahan, badan yang mewakili pemerintah dan bertanggung jawab atas kelancaran pengembangan proyek Asahan.

Proses pengambilalihan itu tentu menyisakan banyak sekali masalah, dari laporan keuangan, kepemilikan lahan, sampai peninggalan alat-alat produksinya yang sudah termakan usia.

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima (Fraksi PDI Perjuangan) ini meminta PT Inalum untuk lebih transparan memberi laporan. Bahkan, Komisi VI berencana melakukan kunjungan kerja ke Asahan untuk meninjau keberadaan PT Inalum, melihat dari dekat masyarakat setempat, dan beraudensi dengan pemerintah daerah. Selama ini, laporan PT Inalum dinilai hanya retorika saja oleh Komisi VI.

Kepada Otorita Asahan juga diminta melakukan pengawasan ketat terhadap harga produk penjualan PT Inalum. “Laporan keuangan PT Inalum tidak berdampak signifikan dan positif bagi masyarakat di Sumatera Utara,” tegas Ida Ria.

.

Sumber : www.medanbisnisdaily.com

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s