Tarif Ambulance RSU Porsea Mahal

.

Kantor RSU Porsea

TOBASA – Warga Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir, keluhkan tarif harga ambulance RSU (Rumah Sakit Umum) Porsea. Pasalnya, tarif sewa ambulans dari RSU Porsea ke Kota Pematang Siantar yang hanya berjarak 90 kilometer dikenakan biaya Rp.850 ribu.

Pengenaan biaya itu, dialami M Napitupulu, warga Desa Parparean, Kecamatan Porsea pada tanggal 28 Januari kemarin saat mobil ambulance RSU Porsea membawa istrinya saat dirujuk untuk melahirkan melalui operasi caesar ke salah satu rumah sakit di Kota Pematang Siantar.

“Luar biasa, tarif ambulans di RSU Porsea untuk Porsea ke Siantar Rp. 850 ribu. Bagaimana dengan program jaminan kesehatan pemerintah sebenarnya. Itu menurut saya terlalu mahal bagi kami masyarakat lemah,”ujar Napitupulu kepada METRO, kemarin.

Ia membeberkan, pada saat istrinya dibawa, di dalam mobil ambulance juga tidak tersedia tabung oksigen untuk membantu vitalitas istrinya selama di perjalanan.”Tabung oksigen pun tidak ada di dalam mobil itu. Kan itu sangat penting mana tau istri saya lemah selama di perjalanan,”imbuhnya.

Napitupulu juga merasa dirinya sangat kesal terhadap para medis di rumah sakit tersebut. Pasalnya, pihak rumah sakit enggan mengantar istrinya dengan mobil ambulance jika tidak dibayar dengan uang tunai.”Kalah ongkos kalau kita rental mobil pribadi.

Kata medis di rumah sakit itu, kalau tidak ada uang kontan ya tidak bisa memakai ambulance RSUPorsea itu. Padahal kita pakai Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat). Karena terpaksa, saya harus membayar, demi keselamatan istri dan anak yang dikandungan istri saya,”bebernya.

Kepala Tata Usaha RSU Porsea, Sarman Marbun, ketika dikonfirmasi terkait hal itu mengatakan, bahwa RSU Porsea sudah membuat Perda No. 2 tahun 2012 tentang retribusi pelayanan kesehatan.”Terkait masalah tersebut, akan ditindak lanjuti secepatnya. Pasien tidak akan berurusan lagi dengan supir ambulance, dan tarif ambulance Porsea–Siantar hanya Rp.600 Ribu, dan Porsea–Medan Rp. 1,3 juta sesuai Perda,”kata Sarman.

Ia menambahkan, tarif tersebut diduga sengaja ditambah oleh supir ambulance.”Kalau masuk ke kantor hanya Rp.600 ribu. Dari jumlah uang tersebut, Rp. 250 ribu masuk PAD Toba Samosir, walau pun pasien Jamkesmas kita tetap kenakan tarif Rp. 600 ribu,”tambah Sarman di ruangan kerjanya.

JEB ||  Sumber : www.metrosiantar.com

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s