Laguboti Juara Umum MTQ di Kabupaten Tobasa.

Share on:   Google Plus
JUARA MTQ: Seluruh pemenang pada pelaksanaan MTQN ke-VII tingkat Kabupaten Toba Samosir foto bersama di area Masjid Raya Al-Hidayah, Porsea.

TOBASA – Kontingen kafilah Kecamatan Laguboti, berhasil memboyong tropy bergilir sebagai juara umum pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-VIII 2013, untuk tingkat Kabupaten Toba Samosir, yang dilaksanakan sejak Jumat (5/4) hingga Minggu (7/4) di Masjid Raya Al-Hidayah, Porsea.

Pelaksanaan MTQN kali ini, diawali dengan pelaksanaan pawai Ta’aruf yang diikuti sejumlah kontingen dari berbagai unsur organisasi. Di antaranya Kabilah Orsospol, Kabilah Perwiridan, Kabilah Badan kenadziran Masjid (BKM), lembaga keagamaan, kontingen sekolah di tiap tingkatan, serta kontingen kecamatan se-Kabupaten Toba Samosir.

Awal acara diiringi team Marching Band MIN Lumban Gurning dan Polres Tobasa. Bupati Tobasa Kasmin Simanjuntak diwakili Asisten Bidang Kemasyarakatan Drs Rudolf Manurung, dalam arahannya mengatakan, MTQ adalah ajang pencarian bakat membaca ayat suci Alquran.

Dimana pemenang setiap cabangnya akan dipertandingkan kembali ke tingkat Provinsi Sumatera Utara, dan selanjutnya bila kembali berprestasi, akan menjadi duta Tobasa ke tingkat Nasional.
“Untuk itu, besar harapan kita, kiranya MTQ kali ini dapat menghasilkan para Qori dan Qoriah  memiliki kualitas dan kuantitas yang mumpuni, untuk selanjutnya dapat mengharumkan nama Kabupaten Toba Samosir,” ujar Rudolf.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQN-VIII Akhmad Rahmad, pada laporannya mengatakan, MTQ kali ini menelan biaya sebesar Rp52 juta. Sementara anggaran yang ditampung di APBD Pemkab Tobasa hanya sebesar Rp30 juta.

Dimana anggaran tersebut tidak sepenuhnya dikelola panitia MTQ, karena harus dibagi dua dengan LPTQ Tobasa untuk pengiriman kontingen Tobasa tingkat provinsi. “Kita sangat mengharapkan agar anggaran untuk MTQ ke depan dapat lebih ditingkatkan.

Karena akan sangat memengaruhi prestasi Tobasa dalam gelaran MTQ secara Nasional,” ujar Akhmad. Adapun jumlah peserta yang mengikuti acara tersebut, lanjutnya, sebanyak 110 peserta. Sedangkan cabang yang diperlombakan adalah, cabang Tilawah dewasa putra dan putri, tilawah remaja putra dan putri, Tilawah anak-anak putra dan putri.

Tartil anak-anak putra dan putri, Hifzil Qur’an. Fahmil Qur’an bebas. Hatil Qur’an cabang Mushab putra dan putri, serta Hatil Quran cabang naskah putra dan putri, dengan dewan hakim berjumlah 12 orang. “Panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut berpartisipasi dalam acara ini,” imbuh Akhmad.

Sementara itu, mantan Bupati Tobasa Drs Sahala Tampubolon, mewakili tokoh masyarakat Tobasa dalam kesempatan tersebut meyampaikan rasa kagumnya atas kualitas-kualitas Qori dan Qoriah yang berkompetisi pada pagelaran MTQ kali ini.

”Pemahaman atas kandungan ayat suci Alquran memang sudah seharusnya diterapkan sejak usia dini, hingga nanti beranjak dewasa akhlaknya tetap terjaga. Hal-hal seperti ini juga sangat potensial menyelamatkan generasi dari serangan budaya barat yang terkadang cenderung kepada hal-hal yang negatif,” ujar Sahala.

Selain juara umum yang diperoleh oleh Kafilah Laguboti, juara 1 Tilawah dewasa juga diperoleh Ustad Habibi, juara 2 diraih Ustad Syahrin Nasution dari kabilah Parmaksian, dan juara 3 diraih Ustad Djamaluddin dari kabilah Porsea.

Untuk juara 1 pawai Ta’aruf diraih Kafilah Perwiri dan kaum ibu Porsea. Sementara untuk juara 1 cabang cerdas cermat juga diraih group Kecamatan Porsea. Turut hadir pada pelaksanaan pembukaan dan penutupan MTQN-VII ini, di antaranya Ketua MUI Tobasa Drs Johari E Samosir, Ketua Nahdlatul Ulama Tobasa H Oloan Pardede, dan para camat se-Tobasa.

Sumber :  www.metrosiantar.com

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s