Seputar Puluhan Ayam Mati Mendadak

Dokter Imbau Peternak Rutin Menyemprot Kandang

[Bernad Lumbangaol]
Tim dokter hewan dari Dinas Peternakan Perikanan Taput yang diketuai drh Doglas Butarbutar memeriksa bangkai dan kandang ayam warga.

TARUTUNG – Menindaklanjuti maraknya virus penyakit yang menyerang ternak ayam di kawasan Perumnas Silangkitang, Kecamatan Sipoholon, tim dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Taput langsung turun melakukan pemeriksaan.

Usai melakukan pemeriksaan, mereka mengimbau peternak supaya rutin melakukan penyemprotan kandang agar tidak terjangkit penyakit berkelanjutan.

“Kita belum bisa mendeteksi jenis virus yang menyerang ternak ayam tersebut. Dari keterangan peternak, kita mengimbau supaya tetap dilakukan antisipasi dengan menyemprot kandang secara rutin,” ujar ketua tim dokter drh Doglas Butarbutar kepada METRO, Senin (20/5).

“Tujuannya untuk mensterilkan kandang ayam karena kemungkinan masih banyak virus penyakit melekat di sana. Jadi peternak bisa melakukan penyemprotan tiga kali sehari. Jika obatnya sudah habis bisa diambil di kantor Dinas Peternakan,” ucapnya.

Dia juga menyarankan peternak ayam dalam menanggulangi penyakit itu perlu melakukan upaya peningkatan tindakan biosekurity di areal kandang ternak dengan menjaga kebersihan dan melakukan pengawasan arus lalu lintas ternak.

Dia mengatakan, sebaiknya bangkai ayam yang terkena virus mesti dibakar kemudian dikuburkan.

“Kita harapakan para peternak tidak membuang bangkai secara sembarangan. Bangkai ayam yang terkena virus harus dibakar atau dikubur, biar virusnya tidak menyebar ke ternak-ternak lain,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Richat Hutabarat salah seorang peternak yang ayamnya mati mendadak mengatakan selama ini kandang ayam miliknya selalu bersih.

“Kalau dibilang karena kadang yang kotor menimbulkan sumber penyakit, saya kira tidak mungkin karena saya selalu membersihkan kandang ayam,” kata Richat.

Dia berharap tim dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Taput itu segera menemukan virus apa yang menyerang ayam para peternak tersebut sehingga bisa melakukan upaya penanggulangannya.

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s