Bupati Toba Samosir : “Rumah Menjadi Sarana Pemersatu Dan Sumber Inspirasi”

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak

Membangun kerjasama kelompok marga yang terdiri dari ribuan orang dengan pola pikir dan latar belakang yang berbeda bukanlah pekerjaan mudah. “Untuk itu patut disyukuri karena Raja Toga Butarbutar memiliki tokoh-tokoh yang rela mengabdi untuk membangun “Ruma Parsadaan” sebagai symbol persatuan dan kesatuan,” ujar Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, ketika menghadiri Peresmian Ruma Parsadaan Raja Toga Butarbutar (Partobuna), di Onan Sampang Sibisa, Kecamatan Ajibata, Toba Samosir, Sabtu (13/07).

Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang hadir bersama isteri Ny. Netty br. Pardosi, juga mengucapkan selamat atas peresmian ruma Partobuna. “Hendaklah Ruma Parsadaan Raja Toga Butarbutar dan Boruna ini digunakan setiap waktu menjadi sumber inspirasi yang melahirkan gagasan yang brilian meningkatkan taraf hidup keturunan Raja Toga Butarbutar” kata Kasmin.

Kasmin juga berpesan kepada yang hadir, agar semakin membangun diri demi peningkatan sumber daya keluarga. Agar memacu semangat dalam hal melakukan aktivitas, jangan lagi terlena nongkrong di lapo (warung-red). Melakukan managemen waktu yang lebih baik lagi. Menurut Kasmin Simanjuntak, jika hendak minum tuak kelapo, seyogyanya diatas jam lima sore sepulang bekerja mencari nafkah dan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan sebaiknya sudah pulang kerumah masing-masing paling lambat pukul 10 malam. Sehingga memiliki waktu istirahat yang cukup.

Khusus hari Minggu, menurutnya agar warga tidak ke lapo pagi-pagi. Tetapi pergi beribadah ke gereja. Untuk ke lapo bisa dilakukan setelah pulang beribadah. Maka dari itu, diharapkan agar lapo juga bisa buka pelayanannya pada jam setelah pulang beribadah. Itu demi meningkatkan disiplin serta pola hidup teratur

Ketua Dewan Penasehat Partobuna Mayjen TNI (Purn) DR. Rudolf Butarbutar,  mengatakan bahwa ruma parsadaan itu adalah sarana pemersatu bagi keturunan marga Butarbutar dimanapun berada. Selama ini persatuan itu sudah terjalin, dengan adanya ruma parsadaan itu, akan lebih mempererat lagi. Bahkan ruma parsadaan itu juga terbuka bagi keturunan Raja Nairasaon yaitu, Sitorus, Manurung dan Sirait.

Bupati Toba Samosir meresmikan "Ruma Parsadaan" Partobuna.

Bupati Toba Samosir meresmikan “Ruma Parsadaan” Partobuna.

Menurut Rudolf, rencana kedepan akan dibangun perpustakaan yang berisi buku-buku budaya, termasuk buku tentang silsilah batak khususnya marga butar butar. Sehingga buku tersebut bisa menjelaskan silsilah marga butar butar bagi generasi selanjutnya. Ruma parsadaan yang telah diresmikan tersebut, adalah milik bersama marga Butarbutar. Bahwa asal keturunan marga Butarbutar adalah di daerah saekitar berdirinya ruma parsadaan itu. “Ini adalah start awal untuk keluarga Butarbutar untuk maju kedepan,” ujar Rudolf.

Hadir juga Saidi Butarbutar yang juga Anggota DPR RI turut menyampaikan kebanggannya sebagai marga Butarbutar yang memiliki rasa kekompakan terhadap sesame keturunan Marga Butarbutar. “Ini awal kekompakan untuk bidang sosial dan budaya ditengah-tengah keturunan Partobuna,” kata Saidi.

Ketua DPP Partobuna, Christofel Butarbutar, SH., MH., sebelum menyampaikan sambutannya, terlebih dahulu memperkenalkan para pengurus cabang Partobuna yang datang dari berbagai daerah se-Indonesia. Crhistofel mengarahkan agar asset yang baru saja diresmikan itu kelak diserahkan ke Tim Aset Partobuna untuk dikelola oleh yayasan Partobuna. Sehingga perawatan gedung ruma parsadaan itu dapat berjalan dengan baik.

Mewakili boru, St. DR. Ir. Serirama Butarbutar, SH., MSi., mengatakan filosofi rumah adalah tempat perlindungan, tempat istirahat dan diharapkan menjadi rumah berkat bagi warga Butarbutar. “Persatuan  hendaknya bisa saling memaafkan dan saling mengasihi,” kata Sir Rama.

Foto Bersama Pengurus Partobuna dari seluruh Indonesia

Foto Bersama Pengurus Partobuna dari seluruh Indonesia

Perayaan berlangsung dengan hikmad dihadiri ribuan keturunan marga Butarbutar dengan borunya. Acara diawali dengan ibadah sekaligus pelantikan pengurus Parsadaan Toga Butarbutar dan Boruna (Partobuna). Hadir pengurus Patorbuna di wilayah masing-masing yang telah terbentuk di Indonesia. Tampak ruma parsadaan tersebut dibangun dengan bangunan permanen di rancang berbentuk rumah adat batak dan sisinya dipahat berornamen batak dengan halaman yang cukup luas.

Sumber: Bagian Humas dan Protokol & Lambaik Manalu

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s