P3SU: Kekuatan Kandidat Bupati Deli Serdang Berimbang.

SABTU, 13 JULI 2013 09:02

Medan-andalas Sejumlah kandidat Bupati Deli Serdang (DS) sudah bermunculan, walaupun pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) direncanakan 23 Oktober 2013. Masih ada waktu tiga bulan lagi untuk ‘menyusun kekuatan’.

Lembaga Pemantau Pemilu dan Pemerintahan Sumatera Utara (LP3SU) melihat, sampai saat ini kekuatan kandidat Bupati Deli Serdang cenderung berimbang. Penutupan pendaftaran bakal calon Bupati DS dilaksanakan 22 Juli 2013, namun sejumlah kandidat sudah mendeklarasikan diri ikut menjadi kandidat, ada pula yang memasang baliho dan atribut lainnya.

Sejumlah nama yang mencuat ke permukaan antara lain : Akhmad Tala’a, Ashari Tambunan, Muhammad Idris, Rusbandi, Hj Fatmawati, Hotlan Butarbutar, dan dari calon perseorangan Musdalifah-Syaiful Syafri, Sudiono Praka-Haris Binar Ginting, Sihabudin-Namaken Tarigan, Harun Nuh-Bambang Hermanto, Anggiat Sihite-Persadaan Munthe, Rabualam Syahputra-Purnama Ginting, dan Eddy Azwar-H Selamat. KPU Deli Serdang memverifikasi tujuh pasangan bakal calon dan akan diumumkan 14 Juli 2013.

Kepada wartawan di Medan, kemarin, Ketua LP3SU Abu Kosim, SH mengungkapkan, LP3SU adalah lembaga swadaya masyarakat  yang concern terhadap pemantauan Pemilu dan kinerja pemerintahan, dengan Ketua Dewan Pembina Zamzami Umar, SH, MH memprediksi, akan terjadi persaingan yang sangat tajam karena kekuatan para kandidat berimbang. Meski demikian, mereka melihat ada beberapa bakal calon yang memiliki kekuatan lebih besar dibanding calon lainnya apalagi potensi yang ada mampu lebih dimaksimalkan.

Dijelaskan, Akhmad Tala’a sosok yang sangat dikenal masyarakat Deli Serdang dan punya hubungan baik dengan semua kalangan. Dia yang akrab disapa Tengku Ameck merupakan Sultan Serdang dan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Deli Serdang.

Menurut LP3SU, jika Tengku Ameck ‘dipasangkan’ dengan Waluyo Hadi yang Ketua DPC PPP Deli Serdang dan tokoh muda-energik, akan menjadi kekuatan luar biasa apalagi mengingat penduduk Deli Serdang dominan etnis Jawa.

Ashari Tambunan-Zainuddin Mars mereka pandang kandidat setengah incumbent. Ashari Tambunan adalah pengusaha, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara yang adik kandung dari Amri Tambunan (Bupati Deli Serdang).

Jika berpasangan dengan Zainuddin Mars (Wakil Bupati Deli Serdang), pasangan ini juga dipandang memiliki kans besar dengan dukungan PAN, PKB, PBB dan partai lain yang sedang dalam proses pendekatan.

Sedangkan Muhammad Idris satu-satu bakal calon dari kalangan militer, lahir dan besar di Desa Sampali, anak Melayu yang dikenal berani, cerdas dan cenderung idealis. Dikabarkan diusung 14 partai dan kemungkinan ditambah Partai Gerindra dan Partai Hanura. Peluangnya dianggap besar menduduki DS-1 jika berpasangan dengan H Suprayetno, mantan anggota DPRD Deli Serdang, tokoh dari kalangan masyarakat Jawa yang saat ini menjadi penasihat Ormas Joko Tingkir Deli Serdang.

Menurut LP3SU, pasangan Hotlan Butarbutar-Syarifuddin Rosa juga tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi benar-benar didukung PDIP, PDS dan PPRN. Kekuatannya ada pada kekuatan basis pendukung militan.

“Terus terang, mencermati Pilkada Deli Serdang kali ini sangat menarik. Kami kira, yang akan memenangkan Pilkada Deli Serdang adalah mereka yang benar-benar mampu memaksimalkan kemampuan kandidat untuk mengubah Deli Serdang menjadi lebih baik, basis pendukung dan kinerja partai pendukung,” ujar Abu Kosim.

Sumber: harianandalas.com

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s