Pasangan Hotlan-Syarifuddin Rosha Game Over.

SELASA, 23 JULI 2013 | 09:08:20

Gagal mencalon sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang, Hotlan Butar Butar-Syarifuddin Rosha, terpaksa harus menelan kekecewaan, ketika pulang dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Deliserdang, Senin, (22/7).

Keduanya dinyatakan tidak memenuhi syarat (MS), untuk mencalonkan diri sebagai Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Deliserdang.

Kekecawaan paling tampak diraut wajah Hotlan. Saking kesalnya dengan KPU, dirinyapun tidak mau berkomentar banyak ketika wartawan menanyainya. “Bakal ada permainan hukum, sudah tahulah rasanya kamu saya gimana. Ini ada permainan,” ujar Hotlan saat keluar dari Pintu KPUD Deliserdang.

Sementara itu, pasangannya, Syarifuddin Rosha, tampak lebih berbesar hati. Iapun meminta maaf kepada warga Deliserdang, yang selama ini sudah memberi dukungan pada mereka. “Saya minta maaflah kepada rakyat Deliserdang yang telah mendukung kita selama ini. Kita gak bisa bertanding karena kurang satu kursi,” ujar Syarifuddin.

Syarifuddin Rosha yang juga merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deliserdang ini menyimpulkan, saat datang ke KPUD dengan rekomendasi dan dukungan dari Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Bintang Reformasi (PBR) dan juga Partai Indonesia Baru (PIB) telah dipegang, dimana rekomendasi tersebut masing masing dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai masing-masing.

“Kalau saya gak jadi wakil bupati ya balik lagilah seperti semua, apa lagi. Hari esok masih panjang, yang jelas kita tidak mampu mendapatkan rekomendasi dari partai,” kata Syarifuddin.

Sementara itu, Ketua KPUD Deliserdang, M Yusri mengatakan, pasangan tersebut tidak memenuhi syarat mendaftar, karena mereka kurang dukungan delapan kursi suara. “Pendaftarannya ditolaklah. Tadikan sudah kita suruh, supaya sebelum pukul 16.00 WIB, mereka lengkapi berkas berkasnya ternyata tidak bisa ya sudahlah, game overlah,” ujar Yusri.

Sementara itu, di akhir jadwal pendaftaran di KPU, Partai Demokrat mengumumkan pasangan yang diusungnya, yakni Ketua DPRD Deliserdang, Fatmawaty Takrim dan M Subandi, untuk maju dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Deliserdang 23 Oktober mendatang.

Ketika mendaftaran ke Kantor KPUD Deliserdang, Senin (22/7), Fatmawaty terlihat mengandeng M Subandi, bersama-sama menyerahkan persyaratan pendaftaran ke KPUD Deliserdang.

Pendaftar wanita pertama yang ingin maju menjadi bupati itu, diterima langsung Ketua KPUD Deliserdang, M Yusri, didampingi anggota KPU lainnya, Agusnedi, Fajar Pasaribu dan Bajoka Nainggolan beserta para staf KPU.

Fatmawaty Takrim bersama Subandi pada konfrensi persnya mengatakan, akan selalu mengabdi kepada masyarakat Deliserdang. “Kita akan selalu bersama rakyat dan akan terus melayani untuk rakyat terutama kesehatan, pendidikan dan ekonomi kerakyatan dan yang lainnya,” ungkapnya.

Dia menuturkan, akan terus membuat dan lebih membina lebih baik lagi menganai kesehatan. “Masyarakat tidak boleh sakit, bila sakit kita akan membantunya terutama di RSU nantinya, semuanya akan kita layani, InsyaAllah,” katanya.

M Subandi di kesempatan itu mengatakan, dia akan terus siap membantu Fatmawaty, untuk memenangkan Pilkada tersebut. “Kita siap memenangkan bersama rakyat,” ujar pria asal Desa Araskabu, Kecamatan Beringin, Lubukpakam, Deliserdang itu.

Diketahui, hingga batas akhir pendaftaran calon di KPUD Deliserdang, Selasa (22/7), tercatat sebelas pasangan calon yang resmi mendaftarkan diri.

Dari 11 pasangan calon, enam diantaranya maju melalui jalur perseorangan, yakni :

  1. Sudiono Praka-Haris Binar Ginting,
  2. Musdalifah-Syaiful Syafri,
  3. Harun Nuh-Bambang Hermanto,
  4. Rabualam Syahputra-Purnama Ginting,
  5. Eddy Azwar-Selamat, dan
  6. Sihabudin-Namaken Tarigan.

Sementara itu lima pasangan lainnya yang diusung partai politik (parpol), yakni,

  1. M Idris-Satria Yudha Wibowo koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura),
  2. Ashari Tambunan-Zainuddin Mars diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),
  3. T Akhmad Tala’a-Hardi Muliono diusung oleh Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP),
  4. Timbangan Gingting-Parningotan Simbolon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Damai Sejahtera (PDS), serta
  5. Fatmawaty-Subandi diusung oleh Demokrat.

Ketua KPUD Deliserdang, M Yusri mengatakan, setelah tahapan pendaftaran selesai selanjutnya para calon akan dilakukan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deliserdang. “Jadi besok (hari ini, red) itu, masing masing pasangan akan diperiksa kesehatannya. Ada massa waktu empat hari dalam hal ini. Dimana dimulai dari tanggal 23 sampai tanggal 26 Juli nanti,” ujar Yusri.

Ia menambahkan, setelah proses pemeriksaan kesehatan selanjutnya akan dilakukan penelitian terhadap syarat pasangan calon dan surat pencalonan beserta lampirannya, yang meliputi penelitian kelengkapan, keabsahan administrasi dan Faktual. Ini akan dilakukan selama tujuh hari ke depan, dimulai sejak tanggal 27 Juli.

“Setelah penelitian kita akan lakukan penyampaian dan pemberitahuan secara tertulis hasil penelitian pasangan calon kepada mereka. Ini cuma satu hari saja selanjutnya baru kita memberi kesempatan kepada mereka untuk melengkapi atau memperbaiki syarat pencalonan peserta,” kata Yusri.

Ia menambahkan, penelitian ulang terhadap kelengkapan syarat pencalonan dan lampirannya akan dilakukan KPU selama tujuh hari, dimulai pada tanggal 11 Agustus mendatang. Setelah itu, KPU akan melakukan pemberitahuan secara tertulis hasil penelitian ulang kepada calon kepada parpol atau gabungan parpol serta pasangan calon perseorangan. “Kalau untuk penetapan dan penentuan nomor urut dan pengumuman pasangan calon nanti tanggal 21 Agustus,” ujar Yusri.

Dari sekian banyak calon pasangan, Fatmawaty-Subandi adalah pasangan yang mengusung perwakilan wanita.(gom/dna)

Sumber: topkota.net

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s