Jelang Pilkada Polisi Amankan Kantor KPU dan Panwas Taput.

TARUTUNG – Polres Taput mulai meningkatkan pengamanan menjelang Pilkada Taput periode 2014-2019. Sejumlah personel diturunkan untuk melakukan penjagaan, pengawasan dan pengamanan melekat di kantor KPU dan Panwaslu Taput setempat. Pengamanan tersebut dilakukan secara terbuka maupun tertutup.

Demikian dikatakan Kapolres Taput melalui Kasubag Humas Polres Taput AIPTU W Baringbing, Senin (19/8). Menurut AIPTU W Baringbing, sudah satu minggu pihaknya menugaskan beberapa personel Polri untuk menjaga kedua kantor tersebut, tepatnya sejak penetapan dan pencabutan nomor pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Senin (12/8) kemarin.

Kami khawatir terjadi tindakan anarkis dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab di kedua kantor penyelenggara pemilu tersebut. Pengamanan dilakukan melekat secara terbuka dan tertutup” terangnya.

Menurutnya, kedua kantor tersebut merupakan salah satu titik fokus  penjagaan khusus menjelang dilaksanakannya Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Taput 10 Oktober 2013 mendatang. Hal ini dilakukan untuk memastikan kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemiluu) benar-benar bersih dari adanya upaya  sabotase yang ingin mengganggu jalannya Pilkada.

“Kedua kantor penyelenggara itu memang menjadi salah satu titik fokus pengamanan agar benar-benar streil dari upaya sabotase yang bisa mengganggu kelancaran Pilkada nanti. Kita akan tindak tegas oknum-oknum yang ingin merusak jalannya Pilkada,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa penjagaan kantor KPU dan Panwaslu dilakukan melekat selama 24 jam setiap harinya sampai selesai rekapitulasi suara pada Pilkada.

“Kedua kantor itu akan dijaga 24 jam dengan sistem shief. Untuk pengamanan terbuka melibatkan personel Satuan Shabara dan Lalulintas. Sedangkan untuk pengamanan tertutup melibatkan personel Sat Intelkam dan Sat Reskrim yang setiap harinya siaga sampai selesai rekapitulasi suara,” ucapnya.

Baringbing juga mengakui, sampai sejauh ini belum ada tanda-tanda dan indikasi adanya upaya sabotase ataupun gangguan di lingkungan kantor KPU dan Panwaslu tersebut.

“Sejauh ini semua proses berjalan lancar dan aman tanpa ada ditemuankan gangguan pelanggaran di lapangan. Kita harapkan sampai ditetapkannya Bupati terpilih tidak ada gangguan apa-apa, sehingga Taput tetap aman, kondusif dan damai,” harapnya.

Pantauan METRO, untuk memastikan pengamanan Pilkada 2013, jajaran Polres Taput dirikan satu pos pengamanan di lokasi kantor KPU setempat. Sedangkan di kantor Panwaslu personel polisi menggunakan teras kantor tersebut sebagi tempat penjagaan. 

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s