Penyaluran Dana BLSM Tahap II Di Tobasa Mulai Dilakukan, Bupati Harapkan Penerima Tetap Dapat Sekolahkan Anaknya.

Penyaluran Dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap II di Kabupaten Toba Samosir mulai dilakukan hari Senin 2 September 2013 khususnya di Kecamatan Balige melalui Kantor Pos Balige sebanyak 900 (Sembilan ratus) orang, sedangkan untuk luar Kecamatan Balige akan dilakukan mulai tanggal 7 September 2013, setelah mendapat daftar nominasi penerima BLSM sebanyak 9621 (Sembilan ribu enam ratus dua puluh satu) Kartu Perlindungan Sosial (KPS) seluruh Kabupaten Toba Samosir, dan selanjutnya masing-masing Kantor Pos di Kecamatan akan menyalurkan ke masyarakat, serta diharapkan setelah menerima dana ini, penerima akan dapat menggunakan dana dimaksud benar-benar untuk kebutuhan rumah tangga, sehingga anak-anak tetap dapat bersekolah, sebut Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Senin (2/9) di Kantor Pos Balige, saat menyerahkan secara simbolis dana dimaksud terhadap Helmi Pakpahan warga Sangkarnihuta Balige, selaku penerima BLSM dihadapan penerima se-Kecamatan Balige.

Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir hanya pelaksana kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), karena merupakan program pemerintah pusat, kita hanya menjalankan arahan pemerintah pusat, dan bukan kemauan kita sebagai orang miskin, maunya bantuan seperti ini seterusnya, namun itu semua tergantung kebijakan pemerintah pusat, sehingga tidak ada alasan anak-anak sekolah karena tidak ada dana, hanya saja kita perlu menyadari, tak perlu menyatakan diri kita miskin padahal tidak, sebut Bupati Toba Samosir meminta kesadaran warga yang sedang antri menunggu panggilan.

Usai sambutan, dilakukan penyerahan Dana BLSM secara simbolis oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Sekretaris Daerah Kabupaten Drs Liberty Manurung, MM Biztel., Kepala Dinas Sosial Kab. Toba Samosir dr Pontas Batubara, Kepala Kantor Pos Balige Freddy Manurung, didamping Kabag Umum Setdakab. Erwin Panggabean dan Plt Kabag Humas Setdakab Tobasa Lukman J. Siagian, SH yang diterima masing-masing penerima BLSM, Helmi Pakpahan dan Lunggu Napitulu masing-masing Warga Sangkar nihuta Balige yang mengaku sangat senang atas atas penyaluran dana ini dan berharap dapat digunakan untuk kebutuhan keluarganya.

Sebelumnya Ketua Satgas Sunggul Nababan dan Kepala Kantor Pos Balige Freddy Manurung, senada menyampaikan bahwa dihadapan penerima BLSM menyatakan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) disalurkan ke 206 (dua ratus enam) kantor Pos Kabupaten seluruh Indonesia secara bertahap setelah pengumuman penyesuaian harga BBM. Penerima BLSM diwajibkan membawa Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan dokumen pendukung (misalnya, KTP) ke kantor pos terdekat untuk mengambil bantuan tunai dan akan disalurkan sampai 2 Desember 2013 yang ditentukan oleh kantor pos dan Pemerintah Daerah setempat, sebutnya.

Untuk saat ini, dana BLSM Kabupaten Toba Samosir yang retour (dikembalikan) sebanyak 101 (seratus satu) orang yang berada di beberapa kecamatan dan sesuai ketentuan Sampai tanggal 5 September 2013 akan diberikan kesempatan memperbaiki daftar yang retour, dan alasan dana retour adalah karena penerima sebelumnya meninggal dunia, pindah lokasi, tidak layak dan double sehingga perlu diperbaiki berdasarkan musyawarah desa, tidak ada penambahan tetapi hanya pergantian yang retour sesuai criteria yang ditetapkan.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial dr Pontas Batubara menyebutkan, KPS yang dimiliki penerima BLSM juga berfungsi untuk Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi keluarga penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) harus akan memasuki masa pencairan tahap pertama. Oleh karena itu, pemerintah melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) meminta kepada keluarga pemilik KPS segera mendaftarkan anaknya. Penerima KPS cukup datang ke sekolah/madrasah tempat siswa terdaftar dengan membawa KPS agar dicalonkan sebagai penerima manfaat Program BSM. Pendaftaran ini diberikan tenggang waktu paling lambat 13 September 2013 nanti dengan membawa KPS ke sekolah.

Selain melalui mekanisme KPS, kepala sekolah/madrasah bersama komite sekolah/madrasah dapat mengusulkan penerima BSM untuk dimasukkan ke dalam Formulir Rekapitulasi usulan. Jika ada siswa mengusulkan penerima BSM di luar mekanisme KPS ini, setidaknya harus memenuhi enam kriteria. Yaitu Orang tua siswa terdaftar sebagai peserta program Keluarga Harapan, siswa terancam putus sekolah karena kesulitan biaya, siswa yatim; piatu; atau yatim piatu, siswa berasal dari korban musibah seperti kebakaran, siswa memiliki kelainan fisik dan berasal dari rumah tangga miskin, dan siswa memiliki tiga saudara berusia di bawah 18 tahun.

Setelah rumah tangga penerima KPS mendaftarkan anak mereka untuk memperoleh BSM, pimpinan sekolah atau madrasah akan membuat rekapitulasi penerima yang berhak.Mulai pertengahan Agustus hingga September 2013 akan dikeluarkan surat keputusan penerima program BSM oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama. Sedangkan surat keputusan penerima BSM dikeluarkan sekitar akhir Agustus hingga awal September 2013 dan dana BSM dapat diambil di lembaga penyalur dengan membawa dokumen pendukung.

Sekedar informasi tambahan, untuk tahap I penyaluran di Kabupaten Toba Samosir, Kantor Pos Balige sebagai pembayaran tercepat mencapai 96 % dan kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Toba Samosir atas perannya dalam membantu kelancaran kegiatan ini, semoga penyaluran kali ini juga dapat dilakukan lebih baik lagi, seraya mengingatkan agar warga yang memang layak menerima BLSM dapat memanfaatkan moment retour dana yang belum tersalurkan dengan catatan perubahan dilakukan melalui mekanisme termasuk lewat musywarah desa, sebut Freddy Manurung ramah sebelum mengakhiri keterangannya.

Baca Juga:

Sumber: Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir.

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s