KPU DAIRI Tetapkan Pasangan Pasangan Johny-Irwansyah Pemenang Pilkada.

Rabu, 16 Oktober 2013

 

Medan, 16/10 – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dairi menetapkan pasangan Johny Sitohang dan Irwansyah Pasi sebagai pasangan terpilih dan pemenang pemilihan kepala daerah kabupaten setempat.

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno KPU di Balai Budaya Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Rabu.

Anggota KPU Dairi Asal Padang yang dihubungi dari Medan, Rabu sore mengatakan, pasangan Johny Sitohang dan Irwansyah Pasi yang didukung Partai Golkar itu meraih 53.729 suara atau 36,35 persen.

Pasangan pejabat kini dengan nomor urut 1 tersebut, mengalahkan tiga peserta Pilkada Kabupaten Dairi lainnya.

Pasangan nomor urut 2 Kasiona Sihombing dan Insanuddin Lingga yang didukung PDI Perjuangan meraih 5.623 atau 3,79 persen.

Setelah itu, pasangan Parlemen Sinaga dan Renfil Capa (nomor urut 3) yang didukung 11 parpol seperti Partai Gerindra, Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Buruh, Partai Damai Sejahtera (PDS), dan Partai Amanat Nasional (PAN) meraih 41.529 suara atau 28,02 persen.

Sedangkan nomor urut 4 yakni pasangan Luhut Matondang dan M Lingga yang didukung Partai Demokrat dan Partai Demokrasi kebangsaan (PDK) meraih 47.345 suara atau 31,94 persen.

Dari rekapitulasi suara akhir, diketahui suara yang masuk sebanyak 149.360 suara yang terdiri 148.226 suara sah dan 1.139 suara tidak sah.

“Berarti, persentase partisipasi masyarakat mencapai 73,25 persen dari DPT sebanyak 203.910 jiwa,” tuturnya.

Ia mengatakan, rapat pleno dengan agenda penetapan pasangan terpilih itu dihadiri seluruh saksi pasangan calon terpilih.

Namun, saksi pasangan nomor urut 2, nomor urut 3, dan nomor urut 4 tidak bersedia menandatangani berita acara penetapan tersebut.

Menurut Padang, pihaknya akan menyampaikan hasil penghitungan dan rekapitulasi suara akhir itu ke KPU RI, KPU Sumut, DPRD dan Pemkab Dairi.

Meski demikian, pihaknya masih menunggu kemungkinan adanya gugatan terhadap hasil pilkada Dairi yang ditetapkan KPU tersebut.

“Kami tunggu selama tiga hari jika ada gugatan,” ujar Padang.


Sumber:  Pemda Prop.Sumut

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s