Pemkab Tobasa Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Tani .

Habinsaran, Sumut, 20/10 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, menyerahkan bantuan pertanian kepada sejumlah kelompok tani di Kecamatan Habinsaran guna meningkatkan produktivitas pertanian dan mendukung ketahanan pangan di daerah tersebut.

Keberhasilan program ketahanan pangan, harus didukung dengan penyediaan sarana produksi pertanian” kata Ketua Tim Penggerak PKK Netty Pardosi mewakili Bupati Tobasa di Habinsaran, Minggu.

Bantuan pertanian itu, kata Netty, berasal dari bantuan keuangan provinsi anggaran 2013 dalam mendukung program nasional untuk mewujudkan katahanan pangan berkelanjutan di kabupaten berpenduduk 204.000 jiwa yang terletak di bagian tengah Pulau Sumatra tersebut.

Jenis bantuan yang diserahkan, benih padi unggul 4.800 kilogram kepada 12 kelompok tani, bibit jahe dan kunyit masing-masing sebanyak 4.000 kg dan 3.000 kg untuk tiga kelompok, serta 40 ton pupuk organik bagi enam kelompok.

Selain itu, alat-alat pertanian berupa sabit bergerigi dan cangkul masing-masing 100 buah untuk lima desa, ternak kerbau dan lembu masing-masing 12, dan sembilan ekor kepada satu kelompok tani.

Benih ikan mas sebanyak 300 kg, ikan Nila 330 kg, pakan ikan 500 kg bagi tiga kelompok dari desa berbeda serta bibit Sayuran kepada tiga desa binaan TP-PKK yang seluruhnya berada di Kecamatan Habinsaran.

“Silakan menanam serta memanfaatkan benih yang diberikan, semua peralatan dan ternak hendaknya dipelihara dengan baik sehingga kesejahteraan keluarga masing-masing dapat lebih meningkat,” pesan Netty.

Menurut dia, Pemkab Tobasa sifatnya hanya memotivasi dan memberikan arahan serta pembinaan dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani karena sesungguhnya petani yang bersangkutanlah yang sangat berperan untuk meningkatkan perekonomian keluarga masing-masing.

Netty berharap seluruh bantuan yang diserahkan kepada kelompok tani itu, dapat meringankan petani dalam melaksanakan budi daya pada areal pertanaman mereka.

Usaha pokok intensifikasi pertanian, kata dia, perlu dilakukan melalui penggunaan benih unggul dan pola pertanian terpadu sesuai dengan anjuran dinas terkait dengan aplikasi teknologi tepat guna sebagaimana sumber daya alam tersedia.

Bantuan yang diberikan itu, lanjut dia, merupakan wujud kepedulian Pemerintah dalam membantu kegiatan kelompok hingga lebih maju dan berkembang sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Tujuan pemberian bantuan dimaksudkan guna meningkatkan produktivitas untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat petani,” ujar Netty.

Tokoh masyarakat Kecamatan Habinsaran St. Dari Pardosi saat menerima bantuan tersebut meminta agar para petani lebih terpacu semangatnya dengan makin giat bekerja yang tentunya harus dibarengi harapan dan doa.

“Atas nama warga Kecamatan Habinsaran, kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat yang memberikan perhatian penuh dalam membantu para petani di desa,” kata Pardosi.

sUMBER: aNTARASUMUT.COM

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s