Kepala Desa Dituntut Menjadi Pelopor Pembangunan Yang Tangguh.

Meranti BaratHal ini diamanatkan Camat Silaen, Dimposma Sihombing kepada para kepala desa yang baru terpilih saat menghadiri pelaksanaan pemilihan kepala desa di Desa Meranti Barat dan Desa Pintu Batu, beberapa waktu yang lalu di Kecamatan Silaen, Kab. Toba Samosir. Menurutnya, untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di desa, salah satu unsur pemerintahan desa yang harus berperan lebih aktif menggerakkan pembangunan di desanya adalah para kepala desa dan aparatnya.

Karena itu, katanya, kepala desa harus menjadi pelopor dan motivator pembangunan yang tangguh, mengingat potensi dan tantangan yang dimiliki suatu desa, tentunya akan lebih dikuasai dan dipahami para kades tersebut

Pintu BatuLebih lanjut dalam amanatnya, Dimposma mengharapkan, amanah yang diemban kepala desa terpilih, nantinya harus dapat diamalkan semaksimal mungkin. Menurutnya, dengan jabatan kepala desa, bukan berarti akan memperoleh kemudahan dan keuntungan dari jabatan tersebut. Bahkan, katanya, kepala desa harus mampu menjadi pelayan yang baik dan juga sebagai alat pemersatu bagi masyarakat desa yang membutuhkan perhatian dan pelayanan yang baik. Untuk itu, dirinya meminta kades terpilih, dapat menjalankan tugas dan wewenangnya dengan baik karena jabatan merupakan titipan dan amanah dari seluruh elemen masyarakat.

“Saya harapkan, Kepala Desa, BPD dan seluruh lapisan masyarakat desa, untuk terus bergandengan tangan bahu membahu membangun desanya dan dapat berperan secara maksilam sebagai pelopor pembangunan di seluruh sektor kehidupan warga”, ajaknya.

Pintu Batu1Mengakhiri amanatnya, kepala desa terpilih diminta untuk mampu memperhatikan skala prioritas kebutuhan masyarakat, sehingga dapat mensejahterakan warganya. Diharapkannya juga, kepala desa untuk menjalin komunikasi yang baik dan mendorong budaya musyawarah dengan masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada di desa, sehingga program pembangunan, khususnya yang didanai melalui Alokasi Dana Desa (ADD) agar benar-benar dilaksanakan dan memberikan manfaat yang nyata dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Pada pelaksanaan pemilihan kades di Desa Meranti Barat, Rekson Panjaitan yang masih berusia muda, terpilih sebagai kepala desa yang baru menggantikan Robinson Siagian yang tidak mencalonkan lagi. Sedangkan Pilkades Pintu Batu dimenangkan calon petahana, Efendi Panjaitan, SE.

Sumber:  Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s