Pohon Natal Setinggi 15 Meter Terapung & Terangi Danau Toba.

Pohon NATAL- Dalam rangka ibadah Malam Natal, warga Parapat sekitarnya berpawai keliling kota Parapat lalu melepas lilin ke Danau Toba dari Pantai Bebas, acara ini dihadiri para anak-anak usia dini hingga orang tua, Selasa malam, (24/12). Selain itu ada juga pohon natal terapung di Danau Toba. (Foto: Dhev Fretes Bakkara)

Pohon NATAL- Dalam rangka ibadah Malam Natal, warga Parapat sekitarnya berpawai keliling kota Parapat lalu melepas lilin ke Danau Toba dari Pantai Bebas, acara ini dihadiri para anak-anak usia dini hingga orang tua, Selasa malam, (24/12). Selain itu ada juga pohon natal terapung di Danau Toba.      (Foto: Dhev Fretes Bakkara)

METROSIANTAR.com, PARAPAT – Akhir tahun 2013 dalam rangka merayakan Natal, Gerakan Muda Kristen (GMK) Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, memberikan satu nilai lebih di bibir pantai Danau Toba dengan mendirikan pohon terang  raksasa setinggi 15 meter.

Pohon Natal tersebut berdiri megah di tengah perairan Danau Toba Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.
Hal itu dilakukan sebagai daya tari Danau Toba sebagai daerah tujuan wisata nasional dan mancanegara yang ramai dikunjungi, setiap hari libur dan hari besar.

Kepada wartawan, Ketua Panitia Bornok Simanungkalit, didampingi Sekretaris Jesron Tambunan, Bendahara Mulia Sidabutar, Kamis (26/12) mengatakan, pembuatan pohon terang tersebut menelan biaya sekitar Rp.20 juta. Dana tersebut berasal dari swadaya masyarakat, tanpa dicampuri pihak manapun.

“Pohon terang ini kita buat sejak tanggal 24 Desember hingga tanggal 5 Januari 2014 mendatang. Sementara arus listrik untuk menerangi, kita sediakan satu unit mesin genset, yang berada di atas drum sebagai dudukan pohon terang,” katanya. Dia menambahkan, malam hari pohon terang tersebut tampak menjadi satu nilai tambah secara khusus bagi setiap wisatawan dan umumnya masyarakat setempat. Bahkan, satu-satunya yang berdiri megah di perairan Danau Toba.

“Pasalnya pohon terang yang berada di tengah danau, dengan lampu terang benderang dan berbagai pernak pernik, tampak menarik perhatian terutama malam hari. Posisi pohon tersebut berada sekitar 200 meter dari bibir pantai antara Pantai bebas, Hotel Inna Parapat, Siantar Hotel Parapat. Sehingga bagi setiap wisatawan yang melihatnya, begitu menikmati keindahannya. Bahkan tak  lupa mengabadikan fotonya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bukan hanya pohon natal terapung yang buatkan, pihaknya juga membuat pawai lilin terapung, yakni sebanyak 1.000 lilin mengapung di Danau Toba, pada Rabu (25/12) malam tepat pada pukul 18.00 WIB dengan diawali pawai sekitar 600 orang.

Titik berangkat dari depan Hotel Inna Parapat ke Pantai Bebas. Di Pantai bebas, lilin yang dimasukkan dalam botol minuman mineral, dilepas ke Danau Toba.

“Thema kegiatan ini adalah “Parapat Lebih Baik”. Dengan harapan, kota turis Parapat pada tahun depan dapat dikunjungi lebih banyak wisatawan, karena nafas kehidupan warga Parapat adalah pariwisata,” katanya. (th)

Baca juga

Sumber: MetrO sIANTAR

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s