Aksi Copet Marak di Pasar Horas, Polisi Diminta Bijak.

Copet-Pasar Horas sangat rawan aksi pencopetan. Keadaan sangat disesalkan oleh pedagang karena membuat pengunjung tidak nyaman dan enggan belanja ke Pasar Horas. Foto dijepret Minggu (19/1). (Foto: Sawal)

METROSIANTAR.com, SIANTAR – Seringnya aksi copet di Pasar Horas membuat pedagang gerah, karena mengurangi pendapatan mereka. Pembeli berkurang dan lebih memilih berbelanja ke pasar modern. Polisi diminta bijak lakukan tindakan, misalnya kembali aktif berpatroli.

Informasi yang dihimpun Minggu (19/1) sejumlah pedagang mengaku aksi pencopetan dua bulan terakhir kerap terjadi, dan hanya beberapa saja korban yang melaporkan ke pihak berwajib. Aksi ini sempat berkurang beberapa bulan lalu, karena petugas kepolisian kerap patroli dengan pakaian preman.

Saat ini aparat kepolisian jarang melakuan patroli, makanya aksi copet marak lagi. Entah kenapa sekarang polisi jarang keliling, paling hanya Kapos saja yang keliling. Kalau bapak itu sudah dikenal kali sama pencopet,” kata M Tampubolon (49) seorang pedagang.

Dia mengatakan, karena polisi jarang patroli membuat sejumlah pedagang takut. Bahkan, ada beberapa pedagang yang sengaja berpura-pura tidak melihat aksi pencopetan, karena taukut disakiti. “Banyak pedagang yang takut, karena pencopetnya mau mengancam. Makanya lebih sering kami diam,” jelasnya lagi.

Maraknya aksi copet dan meresahkan pedagang dan pembeli juga disampaikan Julius (35) warga Jalan Narumonda, Siantar Selatan. Katanya, memang masih ada beberapa petugas kepolisian yang melakukan patroli. “Polisinya itu-itu saja, kayak mana mau menangkap copetnya, karena pencopetnya sudah mereka kenal,” kata pedagang makanan ringan tersebut.

Dia mengharapkan agar pihak kepolisian kembali melakukan patroli dengan cara menjelang hari besar. Hal itu sangat bermanfaat dan hasilnya, aksi pencopetan berkurang. “Ada juga korban yang enggak melapor karena jumlah yang kehilangannya kecil. Tapi kalau terus kaya gitu kapan mau aman pajak (pasar, red) ini,” katanya.

Sementara Kasubbag Humas Polresta Siantar AKP Nuriaman Rangkuti yang hendak dikonfirmasi melalui selularnya dia enggan menjawab sambungan telepon. Pesan singkat yang dilayangkan kepadanya juga tidak ada balasan. 

Tinggalkan Balasan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s